Minggu, 02 Oktober 2011

PEMETAAN PROSES-PROSES VALUE CHAIN TERPILIH


Pemikiran sistem memberi penekanan pada pemahaman dari organisasi secara keseluruhan. Pemikiran proses memberikan penekanan pada bagian dari sistem yang memproduksi hasil yang spesifik. Kuncinya berpikir mengenai proses keseluruhan, memahami bagaimana proses yang spesifik bisa cocok dalam proses yang lebih besar. dan pada akhirnya bisa cocok dalam value chain itu sendiri.
Diagram Organisasi dibuat untuk mendefinisikan value chain dengan lebih detail. Bagi value chain menjadi beberapa proses inti Hubungkan proses inti kepada elemen eksternal (stakeholder)
Tujuan Diagram Organisasi adalah untuk mendapatkan gambaran dari seluruh organisasi dan membantu tim berpikir tentang pelanggan, value chain, dan stakeholder utama


Gambar 5 Proses-proses inti  dari value chain layanan pegujian kendaraan bermotor dalam diagram organisasi
Dari gambar 5 terlihat value chain layanan pengujian kendaraan bermotor memiliki 4 buah proses inti (core process) yaitu :
1.       Proses Informasi dan Pendaftaran; proses ini meliputi penjelasan informasi seputar layanan, pemberian formulir  pendaftaran, penerimaan berkas dan pengecekan persyaratannya
2.       Proses Pengelolaan Retribusi; proses ini meliputi penerimaan biya retribusi pelayanan, pelaporan dan penyetoran pendapatan
3.       Proses Pengujian Kendaraan; proses pengujian kendaraan yang wajib uji sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku
4.       Proses Administrasi; proses ini meliputi pencatatan data-data kendaraan dan data uji, pengarsipan kartu log kendaraan, pencetakan surat dan buku uji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar