Pemikiran
sistem memberi penekanan pada pemahaman dari organisasi secara keseluruhan. Pemikiran
proses memberikan penekanan pada bagian dari sistem yang memproduksi hasil yang
spesifik. Kuncinya berpikir mengenai proses keseluruhan, memahami bagaimana
proses yang spesifik bisa cocok dalam proses yang lebih besar. dan pada
akhirnya bisa cocok dalam value chain itu sendiri.
Diagram
Organisasi dibuat untuk mendefinisikan value chain dengan lebih detail. Bagi
value chain menjadi beberapa proses inti Hubungkan proses inti kepada elemen
eksternal (stakeholder)
Tujuan Diagram Organisasi adalah untuk mendapatkan gambaran dari seluruh
organisasi dan membantu tim berpikir tentang pelanggan, value chain, dan
stakeholder utama
Gambar 5 Proses-proses inti dari value chain layanan pegujian kendaraan
bermotor dalam diagram organisasi
Dari gambar 5 terlihat
value chain layanan pengujian kendaraan bermotor memiliki 4 buah proses inti (core process) yaitu :
1.
Proses
Informasi dan Pendaftaran; proses ini meliputi penjelasan informasi seputar
layanan, pemberian formulir pendaftaran,
penerimaan berkas dan pengecekan persyaratannya
2.
Proses
Pengelolaan Retribusi; proses ini meliputi penerimaan biya retribusi pelayanan,
pelaporan dan penyetoran pendapatan
3.
Proses
Pengujian Kendaraan; proses pengujian kendaraan yang wajib uji sesuai peraturan
perundang-undangan yang berlaku
4. Proses Administrasi; proses ini meliputi
pencatatan data-data kendaraan dan data uji, pengarsipan kartu log kendaraan,
pencetakan surat dan buku uji.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar